Senin, 28 November 2016

5 Pantai Di Lombok Yang Indah dan Menawan Hati


  Lombok memang terkenal akan wisata alamnya yang mengagumkan. Sebut saja sederet pantaiyang akan membuat anda berdecak kagum ketika melihatnya,belum lagi air terjun, Danau Segara Anak dan Hutan Monyet Pusuk. Disebut yang terakhir bukan berarti tidak cukup terkenal untuk menjadi tempat wisata, tetapi justru akan menjadi oase wisata yang variatif ditengah ramainya wisata pantai yang bertebaran di Lombok.
Hutan Monyet Pusuk terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jika anda pernah mendengar Air Terjun Sendang Gile atau Air Terjun Tiu Kelep, maka pastilah anda juga mengenal hutan yang satu ini. Tetapi disini kita akan membahas 5 Pantai Di Lombok Yang Indah dan Menawan Hati para penikmatnya seperti dibawah ini.


1. Pantai Senggigi



 Tempat wisata pantai di Lombok pertama yang bisa kamu kunjungi yaitu Pantai Senggigi. Pantai yang terletak di pesisir sebelah barat Pulau Lombok ini bisa jadi adalah pantai di Lombok yang paling terkenal.. Walaupun tidak sebesar Pantai Kuta Bali, namun saat kita berada di Pantai Senggigi kita akan merasa seperti berada di Pantai Kuta. Pantai yang terletak di sebelah Barat Pulau Lombok ini memiliki pemandangan pantai dan bawah laut yang sangat indah. Wisatawan dapat ber­snorkling ria disini karena ombaknya tidak terlalu besar. Ini disebabkan kerena terumbu karangnya menjulang ketengah sehingga ombak besar akan pecah di tengah. Anda juga dapat bermalam disini sebab di sekitar pantai banyak terdapat hotel­hotel dengan harga terjangkau.

Pantai Senggigi terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok tepatnya berada di Jl. Raya Senggigi Km 6 – 10 Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari Lombok International Airport atau sekitar 20 menit dari pusat Kota Mataram. Berada di antara Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Utara, sangat mempermudah Anda jika berkunjung untuk berbisnis atau berlibur karena dastinasi lain yang terkenal seperti 3 Gili, Gunung Rinjani, Bukit Malimbu atau air terjun Sendang Gile dan beberapa lokasi lainnya berada di di kabupaten Lombok Utara dapat mudah di tempuh melalui jalur Senggigi.


2. Pantai Sire


Pantai Sire merupakan sebuah pantai cantik yang berada di Lombok Utara. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Tidak jauh beda dengan mayoritas pantai yang ada di Lombok, Pantai Sire juga dianugrahi pasir putih serta air laut yang bening berwarna biru toska. Yang menjadi pembeda pantai ini adalah keberadaan padang golf yang berada tak jauh dari pantai. Jika cuaca sedang cerah, kita juga bisa melihat gagahnya Gunung Rinjani yang terkenal itu. Pantai Sire memiliki garis pantai yang cukup panjang yakni mencapai 3,8 km. Dengan segala keindahan yang dimiliki, tak salah rasanya untuk menyebut pantai sebagai salah satu yang terindah di Lombok.

Untuk mencapai tempat ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Mataram dengan menggunakan mobil maupun motor. Anda sebaiknya menyewa kendaraan karena angkutan umum yang lewat hingga pantai Sire Medana sangat jarang. Jika Anda berangkat dari Bali, pantai Sire bisa dicapai dengan menggunakan kapal fery dari Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar dan meneruskan perjalanan dengan taksi maupun bus. Dari Padang Bai ini Anda juga bisa langsung menuju Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air dengan mencarter kapal cepat. Tips bagi wisatawan yang ingin ke pantai ini sebaiknya membawa banyak uang cash karena masih sulit mencari anjungan tunai mandiri alias ATM. Jangan lupa membawa perlengkapan renang dan sunblock untuk menjaga kulit Anda dari sengatan matahari. Beberapa hotel yang bisa Anda diami selama berada di Medana adalah The Oberoi, Medana Resort, Lombok Lodge dan Tugu Lombok Hotel.


3. Pantai Kuta Lombok


Jika anda mendengar Pantai Kuta, pastilahingatan anda akn langsung tertuju ke Bali. Tapi tahukah anda jika Pantai Kuta tidak hanya ada di Bali? Hanya berjarak beberapa km dari Bali, sebentar menyebrang dengan perahu sebentar, sampailah anda di sebuah pulau yang juga terkenal dengan keindahan pariwisatanya yang menakjubkan. Lombok memang memiliki sebuah pantai yang bernama Pantai Kuta Lombok. Pantai yang terletak di sebelah selatan Pulau Lombok ini terkenal akan pasirnya yang putih dan pantainya yang bersih. Garis pantai yang berkelok serta jajaran terumbu karang yang indah pastilah akan memukau siapa saja yang mengunjungi pantai ini. Lokasi Pantai Kuta Lombok ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Pasirnya berwarna putih bersih dan memiliki butiran seperti merica. Pantai Kuta ini dikelilingi perbukitan. Di sebelah barat pantai terdapat sebuah bukit yang bernama Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat tentang Putri Mandalika. Dari Bukit Mandalika, Anda dapat memandang keindahan seluruh Pantai Kuta dengan terumbu karangnya dan air lautnya yang bening. Di Pantai Kuta Lombok, Anda dapat berenang, memancing, snorkeling, dan juga berselancar. Akomodasi di Pantai Kuta Lombok juga sudah cukup lengkap. Terdapat hotel, homestay, rumah makan, toko souvenir, penyewaan papan selancar dan alat snorkeling, dan juga tempat parkir.


4. Pantai Tanjung Aan


Kembali ke Lombok Tengah. Pantai yang juga tak kalah keren yang bisa kita kunjungi di sana adalah Tanjung A’an. Pantai yang satu ini juga mendapat julukan sebagai pantai merica karna di pantai ini dapat kita jumpai bulir-bulir pasir yang besarnya seukuran bulir merica. Pantai yang memiliki pasir putih ini juga dikelilingi oleh bukit-bukti hijau yang membuat pemandangannya semakin cantik. Jika ingin lebih, kita juga bisa menyebrang ke Pantai Batu Payung menggunakan perahu. Atau jika ingin berjalan kaki, Pantai Batu Payung dapat dijangkau sekitar 30 menit berjalan kaki melewati sebuah bukit yang menjadi pemisah antara kedua pantai ini.

Pantai Tanjung Aan terletak sekitar 3 km dari Pantai Kuta Lombok dengan garis pantai kurang lebih sepanjang 2 km. Karakteristik ombaknya relatif tenang. Uniknya, Pantai Tanjung Aan ini memiliki dua jenis pasir, yaitu pasir yang berbentuk butiran merica dan dan pasir putih. Kedua pasir pantai ini dipisahkan oleh sebuah batu karang berukuran besar. Jika Anda naik ke atas batu karang tersebut, Anda dapat melihat perbedaan pasir Pantai Tanjung Aan. Pantai yang dikelilingi perbukitan ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Di Pantai Tanjung Aan, Anda dapat berenang, bermain air, naik perahu, dan snorkeling. Di sore, saat permukaan air laut semakin tinggi, Anda dapat berselancar. Walaupun relatif masih sepi, akomodasi di Pantai Tanjung Aan sudah cukup memadai. Terdapat cukup banyak restoran dan fasilitas umum seperti toilet dan mushola.


5. Pantai Selong Belanak


Pantai terindah di Lombok lainnya adalah Pantai Selong Belanak. Pantai ini terletak di selatan Lombok bagian tengah provinsi Nusa Tenggara Barat, 49 km dari kota Mataram. Garis pantainya melengkung seperti bulan sabit dengan bukit-bukit di ujung sabit. Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai sepanjang 1 km dan menghadap langsung ke Samudra Hindia. Sisi selatan Pantai Selong Belanak menjadi tempat pemukiman keluarga nelayan. Bagi para wisatawan, lebih nyaman bermain di sisi utara pantai. Pasir pantainya putih bersih dan halus, konturnya landai, dan perairannya tenang dengan air yang jernih. Jika Pantai Tanjung Aan memiliki dua jenis pasir, maka Pantai Selong Belanak memiliki dua jenis ombak. Di satu sisi pantai ombaknya besar, sementara di sisi pantai lain ombaknya tidak besar. Sisi pantai dengan ombak yang besar sering dimanfaatkan wisatawan untuk berselancar. Di Pantai Selong Belanak, Anda juga dapat berjemur, berenang, atau menyewa perahu nelayan untuk memancing. Di bagian belakang pantai, Anda dapat menjumpai deretan rumah makan yang menyediakan aneka menu seafood.

Tak banyak pelancong yang tahu tentang Pantai Selong Belanak. Namun, jangan anggap remeh keindahannya. Pantai Selong Belanak berbentuk bulan sabit dan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau, yang membuat lanskap pantai ini begitu menakjubkan. Jika ingin bukti, kamu bisa menapaki bukit yang mengitari pantai. Dari atas, kamu akan menyaksikan sendiri panorama pasir putih yang menyerupai bulan sabit ditambah air laut bergradasi hijau kebiruan yang sungguh elok. Sulit untuk tak terpesona oleh pemandangan ini.


Wahai para penikmat keindahan pantai, itulah 5 Pantai Di Lombok Yang Indah dan Menawan Hati. Mempesona bukan? Ayo kita explore pantai-pantai di Lombok ini. Trims😊


Tidak ada komentar:

Posting Komentar