Sabtu, 07 Januari 2017

5 Tempat Wisata Di Jambi Yang Terpopuler



  Pesona kota Jambi memang sangat lengkap, selain karena jenis pariwisatanya sangat lengkap, mulai dari wisata alam, wisata belanja dan wisata sejarah. Jambi pada zaman kerajaan merupakan wilayah kekuasaan dari kerajaan Sriwijaya. Salah satu kerajaan yang cukup besar dan memiliki kemampuan yang baik dalam hal perniagaan. Di Jambi anda juga akan menjumpai bangunan peninggalan bersejarah berupa candi yang merupakan jejak peninggalan kerajaan Sriwijaya tersebut. berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata Jambi yang dapat anda kunjungi.


Tempat Wisata Di Jambi Yang Terpopuler


1. Candi Muaro Jambi


Candi Muaro Jambi disebut sebagai candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata di Jambi ini juga disebut sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Pada tahun 2009, UNESCO menetapkan candi yang berupa susunan batu bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi.

Perlu diketahui bahwa Candi Muaro Jambi merupakan kawasan Candi terluas di Indonesia, ini merupakan satu pertanda bahwa Sriwijaya merupakan kerajaan yang sangat berpengaruh di nusantara ini. Tidak hanya itu disini juga ditemukan perabotan yang terbuat dari keramik china yang semakin memperkuat tanda-tanda kebesaran kerajaan Sriwijaya yang juga telah memiliki hubungan diplomatik yang sangat baik dengan negara lain. Bagi masyarakat Indonesia rasanya begitu disayangkan jika tidak bisa ikut menyaksikan kemegahan bangunan candi Muaro Jambi yang dunia pun telah mengakuinya.

2. Gunung Kerinci Jambi


Gunung Kerinci adalah gunung berapi dengan ketinggian 3.805 mdpl yang sekaligus merupakan gunung berapi tertinggi se Asia Tenggara. Gunung api yang masih aktif ini terletak di area perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Gunung ini memiliki berbagai julukan diantaranya yaitu Gunung Gadang, Korinci, Berapi Kurinci, dan Puncak Indrapura. Gunung yang termasuk dalam jenis Strato Vulcano ini secara administrasi berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Jika anda mendaki gunung kerinci dan sampai di puncak maka anda akan disuguhkan dengan panorama kawah yang begitu mempesona. Luasnya kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci ini 400 x 120 meter persegi dengan kedalaman mencapai 600 meter.

Sedangkan di sebelah utara, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan danau Bento. Danau Bento memiliki air yang bersih dan jernih, yang seakan belum pernah tersentuh oleh tangan manusia. Lokasi Gunung Kerinci cukup mudah dijangkau, dimana lokasi nya berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

3. Kebun Teh Kayu Aro


Tempat Wisata Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki beberapa keistimewaan, kebun teh ini merupakan perkebunan teh tertua di Tanah Air dimana sudah ada semenjak masa penjajahan kolonial Hindia Belanda tahun 1925. Kedua, perkebunan ini tersebut merupakan yang terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah Perkebunan Teh Darjeeling yang ada di India.

Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki luas sekira 2,500 hektar dan berada di ketinggian 1.600 m dpl. Ketiga, teh yang ditanam di Perkebunan Teh Kayu Aro adalah teh ortodox atau yang lebih dikenal dengan nama teh hitam dimana merupakan teh berkualitas tinggi. bagaimana menarik bukan? kebun teh ini, anda bisa berkunjungi bersama keluarga ataupun teman kesini biar lebih lengkap dalam berwisatanya.

4. Danau Gunung Tujuh


Danau Gunung Tujuh memiliki nama yang sangat jelas menggambarkan unsur  topografi yang dimiliki. Nama danau ini bukanlah karangan atau sensasi yang sengaja dibuat agar menarik wisatawan untuk mengunjungi danau ini. Namun karena pada kenyataanya Danau Gunung Tujuh ini adalah danau yang dikelilingi tujuh gunung yaitu, Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan Gunung Tujuh di Jambi. Tempat ini memiliki keunikan lain yaitu salah satu danau tertingginya terletak disalah satu gunung tertinggi di kawasan pegunungan tersebut.Hal ini menjadikan Danau Gunung Tujuh ini sebagai salah satu danau tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Danau Gunung Tujuh Kerinci terletak di Desa Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi nya sedikit agak jauh, dimana dari pusat Kota Jambi menuju lokasi wisata kurang lebih memakan waktu 3,5 jam perjalanan.

5. Air Terjun Sigerincing


Air Terjun Sigerincing terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Ketinggian Air Terjun Sigerincing sekitar 62 meter, namun untuk menikmati kesegaran Air Terjun Sigerincing kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 300 km dari pusat kota Jambi. Selain faktor jarak yang cukup jauh dari kota Jambi, faktor promosi Air Terjun Sigerincing yang masih sangat minim menjadikan air terjun ini sangat sepi. Bahkan jika kamu mengunjungi danau ini kamu bisa merasakan sensasi memiliki air terjun pribadi. Tapi sisi positif dari sepinya air terjun ini adalah tidak banyak sampah yang mengotori kawasan air terjun ini dan kamu bisa dengan leluasa mengabadikan setiap momen di air terjun ini tanpa harus malu karena menjadi pusat perhatian orang lain.

Jika ingin ke air terjun segerincing ini kita tidak perlu capek-capek atau penat bahaso dusun tuo nyo karena kendaraan roda 4 dan 2 sudah bisa mencapai kepala air terjun ini, air terjun ini juga cocok untuk tempat liburan keluarga, dengan banyak batu2 besar di sekitar air terjun ini yg bisa di jadikan untuk tempat santai dan makan-makan.



Demikian artikel dari Blog Wisataitu mengenai 5 Tempat Wisata Di Jambi Yang Terpopuler dan wajib anda kunjungi. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika anda ingin bertanya tentang artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar